Cara Embed Youtube di Blogspot

Bagaimana cara mengembed video youtube di blogspot, terutama untuk orientasi portrait agar tetap terlihat portrait? Atau bagaimaan supaya video yang ditambahkan ke blogspot bisa diatur supaya ukurannya lebih besar?

Cara mengembed video Youtube di blogspot itu gampang, tetapi seringkali hasilnya terlalu kecil dan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Apalagi kalau ingin menempelkan video short atau video yang orientasinya portrait.

Mau tahu cara mengembed video youtube di blogspot dengan ukuran yang kita mau? Gampang kok, baca sampai habis ya.

Cara embed video Youtube di Blogspot

Dari menu Insert video, pilih Youtube
Dari menu Insert Video  pilih Youtube


Cari video Youtube yang ingin di embed, lalu pilih select. Jika kita sudah tahu tautan video yang ingin kita embed, langsung saja masukkan ke kolom pencarian, hasilnya pasti langsung ke video tersebut. Lalu kita pilih supaya videonya masuk ke halaman blogspot kita.
Cari video dengan tautannya lalu tekan tombol select.

Default yang terlihat dari embed video youtube di blogger itu seperti ini. Ukurannya akan selalu sekecil ini. Kalau dilihat dengan HTML View, kita tahu kalau ukuran video yang diembed di blogspot selalu lebar 266 dan tinggi 320 piksel.


Mengubah ukuran embed video portrait di blogspot

Untuk mengubah ukurannya menjadi portrait, kita bisa mengedit kode yang ada di dalam  <iframe ...> video youtube dari HTML View.
ubah ke HTML View

Biasanya ukuran portrait itu selalu 9:16. Kita perlu mengubah ukuran iframenya menjadi kelipatan 9 untuk lebarnya dan 16 untuk tingginya. Misalnya kita ganti menjadi 270 x 480 piksel
Jangan panik melihat HTML View

Ketika melihat HTML View, kita tidak perlu panik melihat kode HTML yang ada. Langsung saja cari iframe paling terakhir dan ubah ukuran width denga nilai 270 dan height dengan 480. Setelah itu kembali ke Compose View, kita bisa melihat ukuran video Youtube kita sudah menjadi portrait.


Cara lain mengembed video Youtube ke blogpsot

Ada cara lain untuk mengembed video youtube ke blogpot, yaitu dengan mengambil kode embednya ketika kita membuka videonya di Youtube. Pilih share lalu pilih embed dan salinlah kode yang tersedia.
Dari youtube, pilih share kemudian pilih embed

Pilih Copy untuk menyalin kode yang ingin di embed.

Lalu di blogspot, kita masuk ke HTML View, dan kita bisa masukkan kode  embed yang sudah kita salin tadi.


Jika kita tidak mengubah ukurannya, secara default kode embednya menghasilkan orientasi landscape bukan portrait yaitu 560 x 315 


Untuk Video portrait yang bukan short, kita bisa mengambil kode embed dari youtube, lalu memasukkannya dari HTML View dan mengubah width dan height nya juga supaya mengikuti ratio 9:16. 

Jadi kesimpulannya, kalau ingin mengubah ukuran video di blogspot, kita tinggal ubah saja nilai width dan height yang ada di dalam iframenya sesuai dengan rasio yang kita inginkan. Mau lebih besar lagi ya tinggal ditambah angkanya, mau lebih kecil ya tinggal dikurangi.

Tips Gak Takut Lihat HTML View

Gampang kan! Gampang banget malahan. Kalau resah melihat HTML View dengan kode yang tidak dikenali, ada lagi tipsnya.  Kalau ini tips dibisikin Alfi waktu dia mau embed podcast KLIP. 

Begini katanya: Selalu salin kode html embed di bagian paling bawah. Lalu pindah ke compose view. Nah dari compose view kita bisa pilih video yang ingin kita embed itu lalu cut dan paste di tempat yang mana kita ingin meletakkannya.

Jadi gak usah panik lagi kalau melihat kode HTML waktu ada di HTML View. Toh kalau pindah ke Compose View akan selalu terlihat hasilnya. Kalau gagal ya hapus dan ulangi saja menyalin kode yang ingin diembed.




Komentar

Postingan Populer